Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

2010/11/02

Sekilas Tentang KSMW

KSMW adalah satu-satunya UKM di lingkungan IAIN Walisongo yang selalu mentradisikan wacana intelektual. Membangun karkater berfikir yang progresif, merdeka dan independen. Ia mencoba membongkar tabir yang membelenggu setiap wacana hegemonik sekaligus menindas. Nalar yang dibangun bukan saja nalar buntut atau ekorisme, namun lebih dari itu, KSMW ingin membangun nalar yang diharapkan bisa menjadi peretas perubahan. Mengapa? Karena KSMW sadar bahwa di dunia ini tak ada yang benar-benar di luar, yang bereksistensi serta lepas dari wacana representasi. Apa yang benar-benar ada, sebagian besar ditentukan bagaimana ia direpresentasikan. Itulah proyek Balapikir (sebutan member) KSMW.

Bagi Balapikir KSMW, wacana tidak seremeh yang dinyatakan kebanyakan orang. Di luar sana, barangkali Anda akan menemukan banyak sarjana dan ahli ilmu terapan yang menyepelekan wacana. Sehingga, wacana bagi mereka adalah sampah yang tidak membawa perubahan, abstrak. Namun jangan lupa, perubahan dunia dimulai dari aktor intelektual yang selalu bergelut dengan wacana, pikiran.

Hanya ada dua jenis manusia yang mengantarkan dunia menuju dunia yang lain, yakni Nabi dan Filsuf. Merekalah yang selama ini mendemontrasikan peran sebagai oposan terhadap orang-orang yang ternoda pikirannya, cacat; yakni orang-orang yang dekat dengan kekejaman, kekerasan, kedhaliman dan karakter lain yang menindas sesama, merebut hak bersama. KSMW berada di jalur itu: melawan!

Namun KSMW tidak berhenti hanya di wacana. Balapikir KSMW juga beraksi, tentu dengan caranya sendiri; menebar virus kritisisme pikir, melalui diskusi, advokasi dan riset. Makanya, slogan KSMW adalah “Talk More Do More!”. Diskusi mingguan, diskusi bulanan, seminar, bedah buku menjadi agenda wajib bagi segenap Balapikir KSMW.

Bagi Balapikir KSMW, membaca buku adalah prasyarat mutlak untuk membuka cakrawala baru. Yang paling dikutuk KSMW adalah manakala seseorang pandai bersilat lidah, berbusa dalam bahasa, namun kering hakikat makna, karena terhalang kepentingan, sebagaimana para politikus penghianat atau para tokoh yang merasa benar sendiri itu. Dengan membaca buku, kita akan sadar bahwa dunia itu terbentang luas, sehingga jika yang ada di tangan kita itu hanya palu, tidak segalanya akan tampak seperti paku, sebagaimana disindir seorang Filsuf Jerman, Ludwig Witgenstein. Yang melihat segalanya seperti paku adalah orang-orang yang berhenti belajar dan berwacana. Menarik mengutip perkataan Henry Ford. Pendiri General Motors itu mengatakan: “Anyone who stops learning is old, whether at twenty or eighty. Anyone who keeps learning stays young. The greatest thing in live is to keep your mind young.” Balapikir KSMW akan selalu muda karena terlibat dalam proses berpikir dan belajar secara kontinyu.

Karena proses belajar itulah, banyak dari alumni KSMW yang terbang melanglangbuana ke dunia yang menjanjikan progresifitas hidup dan perubahan sosial. Antara lain ada yang menjadi dosen, tokoh intelektual, penulis profesional, wartawan, tokoh politik, anggota DPR, pejabat eksekutif, pengusaha, hingga tokoh pergerakan yang disegani. Makanya, tidak jarang acara yang digelar KSMW terselenggara atas kerjasama dengan lembaga-lembaga berpengaruh, baik lokal maupun nasional, berkat jaringan alumni yang cukup luas.

Hanya satu untuk menjadi aktor pembelajar, yaitu berani berpikir sendiri, atau dalam bahasa Immanuel Kant: “Sapere Aude!”. Bebas berpikir kadang dianggap ancaman, padahal dengan otonomi pikir, kita akan menemukan perubahan. Salam idealisme!
Diposkan oleh KSMW Walisongo di 20.29
0 komentar:

Poskan Komentar

Link ke posting ini

Buat sebuah Link
Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Langgan: Poskan Komentar (Atom)
Pengikut
Arsip Blog

* ► 2010 (3)
o ► November (1)
+ Dekonstruksi Budaya Laten Korupsi
o ► Maret (2)
+ daftar para finalis lamera sejawa, bali dan madur...
+ LOMBA MENULIS ESAI REMAJA (LAMERA) ANTAR PELAJAR S...

* ▼ 2009 (5)
o ▼ September (3)
+ Berselancar Intelektual
+ Pegurus
+ Sapere Aude
o ► Juni (1)
+ PENGUMUMAN PEMENANG LOMBA MENULIS ARTIKEL ILMIAH K...
o ► April (1)
+ Lomba Manulis Artikel Ilmiah antar Pelajar SLTA Se...

Mengenai Saya

KSMW Walisongo
Semarang,, Iain, jawa Tengah, Indonesia
Konsen dalam Kajian Filsafat, Agama , Budaya, Dan Politik

Socializer Widget By Blogger Yard
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →

0 komentar:

Posting Komentar