Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

2009/09/02

BERSELANCAR INTELEKTUAL

Mau Berselancar Intelektual??


Selama satu semester 2009, ketika Direktur anyar, M. Abdullah Badri, terpilih pada 14 Februari 2009, ada beberapa agenda yang berhasil dilaksanakan. Setelah pengurus baru dilantik pada 30 Maret 2009, bertempat di ruang laboratorium Fakultas Dakwah IAIN Walisongo, KSMW langsung tancap gas melaksanakan agenda yang telah ditetapkan. Dengan slogan menantang: Talk More do More, pada 7 April 2009, balapikir KSMW langsung melakukan rekreasi intelektual dengan mengadakan diskusi mingguan pertama, berlangsung tiap Selasa Sore, di area wisata intelektual; parkiran depan masjid kampus III IAIN Walisongo. Pada kesempatan itu, dihadirkan Tedi Kholiluddin SHI, MSI, sebagai pembicara dengan tema “Islam dalam Historisitas Tradisi Jawa”. Tak lama kemudian, 14 April 2009, seminar nasional budaya dengan tema “Strategi Budaya Mempertahankan Kedaulatan Bangsa” berhasil diselenggarakan. Tidak tanggung-tanggung, acara yang menghadirkan pembicara Dr. Saifur Rohman (doktor filsafat UGM) dan Suma Miharja (peneliti kebudayaan Cina) itu sukses diselenggarakan atas kerjasama dengan Aliansi Nasional Bhinneka Tunggal Ika (ANBTI) Jakarta.

Aktivitas tak berhenti di situ. Kendati KSMW disibukkan dengan agenda-agenda yang cukup banyak, namun kegiatan mengasah kemampuan intelektual tetap berlanjut. Diskusi tetap berjalan rutin, mingguan maupun bulanan (publik). Tanggal 21 April 2009, KSMW menggandeng Front Perjuangan Pemuda Indonesia (FPPI) Semarang untuk mengadakan diskusi publik dengan tema seksi: Mengurai Benang Kusut Liberalisme Indonesia. Karena sibuk dengan kegiatan akademik (mid semester), pada Bulan Mei, kegiatan KSMW hanya difokuskan pada pengembangan wacana politik, sosial dan budaya dalam rangkaian diskusi mingguan. Namun di tengah kesibukan membaca kosmos itu, pada 16-17 Mei 2009, KSMW kedatangan tamu dari STAIN Purwokerto. Komunitas yang datang dari daerah yang terkenal dengan ngapak-ngapak itu bernama Kelompok Studi Islam dan Kemasyarakatan (KSIK). Mereka ingin belajar kepada KSMW tentang strategi pengembangan intelektual di kalangan mahasiswa. Pertemuan itu membuat mereka kagum betapa sampai sekarang ini ternyata wacana pikir telah berkembang demikian pesat. Mereka mengajak berdiskusi tentang pemikiran Islam, filsafat dan gender. Dengan bangga, KSMW menyambut hangat. Apalagi di antara rombongan terdapat mantan direktur KSMW 1999, Kholilurrahman, M. Ag, yang juga menjadi staf pengajar di sana.

Setelah dipersiapkan selama dua bulan, sejak pertengahan April hingga akhir Mei 2009, agenda KSMW berikutnya adalah menyelenggarakan Lomba Menulis Artikel Ilmiah (LMAI) antar pelajar SLTA Se-Jawa Tengah. Pada kesempatan itu, ada 94 naskah dari seluruh SLTA di Jawa Tengah yang mesuk kepada panitia untuk ikut diseleksi. Dari sekian naskah itu, diambil tujuh juara. Mereka diundang untuk mempresentasikan karyanya di hadapan dewan juri pada 18 Juni 2009 bertempat di Auditorium kampus III IAIN Walisongo. Pememang pertama diraih dari Kabupaten Magelang (SMK Muhammadiyah Bandongan), menyusul Kudus (MA Muallimat) dan kemudian Kendal (SMA Negeri 2). Ini adalah salah satu bukti bahwa KSMW juga melihat peluang pengembangan intelektual di kalangan siswa.

Setelah bersibuk ria menyukseskan agenda-agenda besar selama masa aktif semester genap 2009, menjelang liburan semester, pada 5-6 Juli 2009 balapikir KSMW berekreasi ke situs budaya dan wisata internasional, Candi Borobudur, Magelang. Meskipun refresing, namun tetap dalam kemasan intelektual. Datang ke Candi peninggalan Kerajaan Saylendra itu bukan hanya untuk melihat-lihat ornamen eksentriknya belaka, namun juga merefleksi nafas kesejarahan Candi yang juga terdapat situs Manohara itu. Makanya, perjalanan selama satu hari satu malam itu disebut dengan Camping Intelektual. Selain untuk mengakrabkan antar anggota, camping tersebut juga bertujuan untuk mengenal situs peninggalan dunia dengan melihat dan merefleksikannya secara langsung. Jeng-jeng bersama dalam satu bus menjadi penutup agenda KSMW semester genap 2009.

Lalu, apa lagi egenda dalam semester depan? Tenang, matrikulasi program KSMW 2009 masih menantang untuk diikuti. Di bulan Ramadhan, tentu puasa tetap jalan. Perut lapar tidak menghalangi niat untuk terus belajar. Buka bersama harus ada. Manfikannya sama artinya siap mendapat damprat dari balapikir yang lain. Agar tetap bermakna, buka puasa bersama didahului minum dan diskusi. Itu bagian dari kontinuitas diskusi mingguan.

Apa yang terjadi setelah lebaran? Yang pasti KSMW akan mengadakan Seleksi Penerimaan Anggota Muda KSMW (SAPA MUDA) yang dilanjutkan dengan rangkaian kegiatan pelatihan anggota yang disebut Training for Social Analysis (Trafsa). Ada juga tawaran dari beberapa penerbit dan percetakan untuk menyelenggarakan bedah buku serta seminar yang tak kalah menarik. Bagi mahasiswa baru yang berminat mengikuti dasar penelitian bisa bergabung menjadi new member. Ingat, hanya 30 orang yang akan diterima sebagai anggota. Manfaatkan kessempatan ini sebaik-baiknya. Hanya orang-orang yang mendapatkan “hidayah” yang hendak berjuang dan mengembangkan diri di KSMW. Yang tertarik, bisa mengirimkan artikel tentang Islam dan Terorisme (6000 karakter) serta identitas diri lengkap ke email: ksmwali9@gmail.com atau bisa menghubungi 08995859921 (Abdalla) dan 085740715981 (Adib). Ditunggu paling lambat 17 Oktober 2009. Salam idealisme!

Socializer Widget By Blogger Yard
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →

0 komentar:

Posting Komentar